PG-PAUD FIP UNIMED menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema “Meningkatkan Keterampilan Dalam Implementasi Ilmu Gizi Untuk Mengoptimalisasi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini” pada hari Sabtu, 09 Oktober 2021 pukul 09.00-12.00 WIB. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Prof. Dr. Yusnadi M.S sebagai Dekan FIP UNIMED, Ibu Kamtini, S.Pd., M.Pd sebagai Wakil Dekan III FIP, dan Ibu Kaprodi PG-PAUD UNIMED yaitu Ibu Suri Handayani Damanik, M.Psi., serta Bapak dan Ibu Dosen FIP, Guru/Pendidik dan Mahasiswa PAUD dari sejumlah daerah.

      Acara Webinar Nasional dengan tema “Meningkatkan Keterampilan Dalam Implementasi Ilmu Gizi Untuk Mengoptimalisasi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini” ini menghadirkan dua Pemateri/Narasumber yaitu Ibu Salsabila Hasiana Tanjung, S.Pd., M.Pd yang merupakan Dosen PG-PAUD FIP UNIMED dan Ibu Fitri Ardiani, S.KM., M.PH yang merupakan seorang Dosen FKM USU. Acara ini dipandu oleh Bapak Artha Mahindra Diputera M.Pd selaku Moderator yang juga merupakan Dosen PG-PAUD UNIMED.

       Webinar Nasional ini dihadari oleh ratusan orang yang terdiri dari Guru/Pendidik dan Mahasiswa PAUD dari sejumlah daerah. Adapun materi yang disampaikan oleh kedua Pemateri yaitu “Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini” yang disampaikan oleh Ibu Salsabila Hasiana Tanjung, S.Pd., M.Pd dan “Pemberian Makan Bagi Anak Usia Dini” oleh Dosen Universitas Sumatera Utara yaitu Ibu Fitri Ardiani, S.KM., M.PH.

       Pemateri/Narasumber menyampaikan bahwa Pertumbuhan dan Perkembangan anak sangat penting karena pertumbuhan dan perkembangan berlangsung berkelanjutan sebagai hasil interaksi dengan orang, benda dan lingkungan sekitar. Untuk tercapainya pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, setiap anak perlu mendapatkan makanan sehat dan bergizi seimbang. Dimulai dari pemberian ASI saat usia 0-6 bulan, kemudian MP ASI dengan tahapan tekstur yang berbeda, usia 6 bulan, 7-8 bulan, 9-12 bulan dan usia 12-24 bulan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian makanan yang sesuai dengan karakteristik anak prasekolah di usia 3-6 tahun dengan memenuhi angka kecukupan gizi serta patokan porsi pembagian makan sehari. Dengan terlaksananya Webinar Implementasi Gizi ini semoga dapat memberikan manfaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan untuk orang tua, guru, dan juga mahasiswa dalam hal pemberian makan anak sesuai dengan usianya.

    Jumlah peserta 172 orang berasal dari beberapa universitas di Indonesia. Setiap peserta diharapkan dapat memahami ilmu gizi anak usia dini dan mengaplikasikan ilmu dengan adanya pendampingan lanjutan oleh panita terhadap peserta dalam pembuatan MP ASI dan komposisi makanan anak usia dini.

 

 

Author

Write A Comment