PG-PAUD UNIMED sebagai bagian dari Asosiasi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (APG-PAUD) Indonesia mendapatkan kehormatan sebagai pelaksana Konferensi Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2023. Konferensi pada tahun ini merupakan kegiatan tahunan APG PAUD ke-13. Konferensi diadakan selama tiga hari dimulai pada tanggal 7 – 9 September 2023 bertempat di Hotel Karibia, Medan. Konferensi Pendidikan Anak Usia Dini pada tahun 2023 mengangkat tema “Revitalisasi Program Studi PG-PAUD Berskala Nasional Menuju Internasional Melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Antusiasme anggota APG-PAUD Indonesia dalam konferensi tahun ini terlihat dari partisipan yang tersebar di  berbagai universitas dari sabang hingga marauke. Tercatat konferensi ini dihadiri oleh setidaknya sebanyak 130 dosen dari perguruan tinggi negeri dan swasta mulai dari jejang sarjana, magister dan doktor bidang PG-PAUD.

Konferensi diawali dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMED, Prof. Dr. Yusnadi, M.S. bersama dengan Ketua Umum APG PAUD Indonesia, Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si. yang ditandai dengan pemukulan gong yang disambut meriah oleh seluruh partisipan konferensi. Pembukaan diikuti dengan laporan Sekretaris Jenderal APG-PAUD, Prof. Dr. Rachma Hasibuan. Dalam laporan tersebut, beliau juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Program Studi PG-PAUD UNIMED yang bersedia menjadi tuan rumah dan berhasil menyukseskan konferensi dengan spektakuler dengan masa persiapan kurang dari satu bulan.

Konferensi ini terdiri dari tiga agenda utama yaitu Seminar Nasional, Rapat Koordinasi Nasional dan Edutour. Pada seminar nasional ada empat orang pembicara yang merupakan ahli dalam bidang PG-PAUD yaitu Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si. yang merupakan Ketua Umum APG PAUD sekaligus Guru Besar UNJ, Ali Formen, S.Pd., M.Ed., Ph.D. yang merupakan Ketua Prodi S2 PAUD UNNES, Suri Handayani Damanik, S.Psi., M.Psi. yang merupakan Ketua Prodi S1 PG-PAUD UNIMED dan Dr. Sediono Abdullah, M.Si yang merupakan perwakilan dari  Direktorat Guru PAUD dan DikMas DitJen GTK Kemendikbudristek. Seminar Nasional juga mencakup paralel session, dimana para partisipan yang telah mengumpulkan artikel ilmiah, diminta untuk melakukan presentasi dalam rangka membagikan ide dan usulan terhadap pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini.

Setelah Seminar Nasional, agenda selanjutnya adalah Rapat Koordinasi Nasional yang diikuti oleh seluruh anggota APG PAUD. Rapat Koordinasi Nasional dibagi menjadi lima kelompok dengan topik bahasan yang berbeda untuk setiap kelompok. Pokok bahasan mencakup Program Kerja 2024 dan Penyegaran Pengurus APG PAUD, Standar Laboratorium Lamdik dan Akreditasi Internasional, Kurikulum S2/S3 PAUD (PERPAUDI) dan BoK Kurikulum dan Kompetensi Tambahan PAUD. Pada akhir Rapat Koordinasi Nasional, setiap kelompok berhasil mencapai sebuah kesimpulan yang kemudian dipaparkan kepada seluruh anggota APG PAUD. Hasil diskusi kemudian disepakati menjadi hasil Rapat Koordinasi Nasional APG-PAUD Tahun 2023 dengan persetujuan Ketua Umum APG PAUD. Hasil Rapat Koordinasi ini  diharapkan dapat direalisasikan di masa mendatang dalam rangka mendukung pengembangan pendidikan anak usia dini di Indonesia.

 

 

Author

Write A Comment