Pada hari Jum’at, 04 Juni 2021 Prodi PG-PAUD UNIMED mengadakan rapat yang dipimpin oleh Ibu Kaprodi PG-PAUD UNIMED yaitu Ibu Suri Handayani Damanik, S.Psi., M.Psi untuk membahas dan menindaklanjuti dari kerjasama yang sudah disepakati oleh Prodi PG-PAUD UNIMED dengan Prodi PKAUD IAKN Tarutung dan kemudian akan membahas aktivitas-aktivitas yang mungkin bisa dilakukan oleh kedua belah pihak dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya pendidik di masing-masing instansi.

Kegiatan Rapat ini dihadiri oleh Bapak Dekan FIP UNIMED yaitu Bapak Prof. Dr. Yusnadi, M.S, Ibu Wakil Dekan I FIP yaitu Ibu Nani Barorah Nasution, S.Psi., M.A., Ph.D, Ibu Wakil Dekan III FIP yaitu Ibu Kamtini, S.Pd., M.Pd, Ibu Kaprodi PG-PAUD yaitu Ibu Suri Handayani Damanik, S.Psi., M.Psi, Ibu Kalab PG-PAUD yaitu Ibu Srinahyanti, S.Pd., M.Pd dan para Dosen PG-PAUD UNIMED. Sementara untuk perwakilan dari IAKN (Institut Agama Kristen Negeri) Tarutung dihadiri oleh Bapak Hisardo Sitorus M.Pd.K sebagai Kaprodi PKAUD IAKN Tarutung dan Ibu Ledyana Dwi Mei Situngkir, M.Pd sebagai Staf IAKN Tarutung.

Adapun maksud dan tujuan kedatangan Bapak Hisardo Sitorus M.Pd.K dan Ibu Ledyana Dwi Mei Situngkir, M.Pd adalah untuk belajar dan mendapatkan pembinaan dari Prodi PG-PAUD UNIMED agar Prodi PKAUD IAKN Tarutung dapat meningkatkan kualitas baik itu dalam segi peningkatan kompetensi pendidik maupun kualitas pembelajaran karena Prodi PKAUD IAKN Tarutung masih baru dibentuk pada tahun 2018 dan sudah mengusulkan ke BAN-PT untuk akreditas pada akhir tahun 2020 dengan harapan mendapatkan nilai yang baik. Dan jika bisa IAKN Tarutung nantinya dapat melaksanakan kegiatan Pengabdian dan Penelitian bersama dengan PG-PAUD FIP UNIMED.

Bapak Dekan FIP UNIMED Prof. Dr. Yusnadi M.S menyampaikan ucapan selamat datang kepada perwakilan dari IAKN Tarutung dan memberikan beberapa arahan terkait dengan akreditas BAN-PT bahwa tuntutan yang diminta bukan hanya sekedar memenuhi standar akan tetapi implementasi dan aktivitas-aktivitas yang dilakukan. Beliau juga menyampaikan salah satu kegiatan yang bisa dikerjakan sebagai output dari kerjasama yang disepakati adalah dengan melakukan pembinaan peningkatan kualitas sumber daya pendidik berupa implementasi seperti penguatan model pembelajaran, penguatan dalam system evaluasi, penguatan dalam ruang lingkup penelitian dan pengabdian. Begitu juga dengan pengalaman-pengalaman tenaga pendidik PGPAUD UNIMED dalam organisasi PAUD yang dapat memberikan pembelajaran dan informasi agar PKAUD IAKN Tarutung tidak tertinggal. Bapak Prof. Dr. Yusnadi M.S juga setuju untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian bersama-sama dan akan mendiskusikan lebih lanjut bagaimana cara pelaksanaannya nanti.

Sementara untuk Teknik Pelaksanaan disampaikan lebih rinci oleh Ibu Wakil Dekan I FIP yaitu Ibu Nani Barorah Nasution, S.Psi., M.A., Ph.D. Beliau menyampaikan bahwa harapan kedepannya agar IAKN Tarutung dapat belajar dan berdiskusi sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Tarutung dan jika bisa Dosen dari FIP UNIMED juga belajar atau saling bertukar informasi dengan IAKN Tarutung karena berbeda daerah berbeda pula budaya dan gaya belajarnya. Kemudian dalam pembelajaran dikelas kedua instansi dapat saling sign in untuk membantu memberikan materi serta dapat melaksanakan penelitian mandiri antara dua instansi dan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan guru atau sekolah di kedua daerah sebagai mitra.

Setelah itu, diskusi terbuka dilaksanakan untuk saling memberikan masukan, memberikan solusi dari permasalahan yang terjadi, berbagi pengalaman, dan menjelaskan bagaimana system pembelajaran yang dilakukan oleh PG-PAUD UNIMED ataupun IAKN Tarutung. Diskusi yang dilakukan berjalan aktif ditambah lagi dengan penjelasan dari Ibu Wakil Dekan III FIP yaitu Ibu Kamtini dalam hal system pembelajaran PG-PAUD UNIMED, penjelasan dari Dosen Senior yaitu Bapak Dr. Aman Simaremare, M.S dalam hal pelaksanaan kegiatan Penelitian dan Pengabdian serta penjelasan dari Tim Penjamin Mutu Jurusan untuk Prodi PG-PAUD yaitu Bapak Roni Sinaga, S.Pd., M.Pd dalam hal monev perangkat pembelajaran seperti RPS, Pelaksanaan Pembelajaran dan Media Pembelajaran.

Dan untuk agenda atau prioritas yang akan dilakukan dalam waktu dekat oleh PKAUD IAKN Tarutung yaitu Seminar Pengembangan Prodi yaitu tentang pemahaman Merdeka Belajar dari Prodi-Prodi PAUD dan belajar dari apa yang sudah diaplikasikan oleh PG-PAUD UNIMED. Kemudian melakukan pengembangan kurikulum, melakukan konsultasi untuk pemeriksaan borang akreditasi agar dapat dievaluasi sebelum Asesor datang dan yang terakhir membuat tim teaching. (Arrumaisha)

     

Author

Write A Comment