Prodi PG-PAUD UNIMED (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini) menggelar webinar Nasional Series 1 2020, mengangkat tema “Keterampilan Mengajar Berbasis Virtual Bagi Guru Paud Menyongsong Era Society 5.0” menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting dan streaming Youtube Sahabat PAUD Nusantara. Webinar ini di selenggarakan pada hari Kamis, 09 Juli 2020 Pukul 13.00 WIB. Menghadirkan pemateri dari Trainer Motivator Founder Jurus PATEN & TREND, Dr.(c) E. Idrus, M.Pd.I, C.STMI, CH, C.PS, C.NNLP. Guru besar Prodi PG. PAUD Universitas Negeri Medan, Prof. Dr. Anita Yus, M.Pd., Dosen PG. PAUD FIP Universitas Negeri Medan, Dr. Nasriah, M.Pd.

Acara Webinar Nasional tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah se-Indonesia, mulai dari guru TK, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan kalangan umum.

Turut hadir Dekan I Prof. Dr. Yusnadi, M.S., Ketua Prodi PAUD Kamtini, S.Pd, M.Pd.,  Dosen PAUD dan Puluhan Kepala Sekolah PAUD seluruh Indonesia. Dalam sambutannya, Dekan FIP mengatakan masyarakat 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyesuaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir dari revolusi 4.0 diantaranya internet of thing, inovasi dan big data. Ada tiga kemampuan utama dalam menghadapi suport society 5.0 ini yaitu kemampuan untuk memecahkan masalah secara kompleks, berfikir kritis, dan kretifitas dan kemampuan inilah yang harus dimiliki oleh guru paud di jaman sekarang agar dapat menghasilkan generasi yang dapat menyokong society 5.0. “Saya berharap dengan diadakannya seminar online ini Prodi PAUD bisa menjadi wadah bagi guru-guru PAUD dalam membentuk keterampilan mengajar di era society 5.0 ini,” tutup Prof. Yusnadi.

Dr.(c) E. Idrus, M.Pd.I, C.STMI, CH, C.PS, C.NNLP menyampaikan 5 jurus pembelajaran online dengan asyik dan menarik yaitu dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran yang dikuasai, sambil belajar teknologi yang belum dikuasai, perhatikan akses siswa supaya pembelajaran semakin happy, andanya interaksi pembelajaran sebagai pendidik diharapkan melakukan pendekatan terhadap siswa hal tersebut akan membuat siswa menjadi lebih aktif, migrasikan pembelajaran offline ke online dan terakhir libatkan keaktifan orang tua dalam pembelajaran online.

Author

Write A Comment